Kamis, 29 Agustus 2019

Cara Rendering yang Maksimal dan Real Pada Vray Sketchup

Memahami Vray Sketchup Agar Mendapatkan Render yang Maksimal.


                     Hallo gays, Jumpa lagi di Postingan saya nih pada kesempatan yang mulia ini saya ingin sedikit sharing pengalaman mengenai sebuah software yang kebanyakan di gunakan dalam membuat 3D modeling dan hasil finising dari modeling yaitu Vray For Sketchup.
            
Ok lanjut, saya mengenal sketchup dan vray mulai tahun 2015 yang lalu, bukan kursus maupun mempelajari buku - buku akan tetapi saya banyak belajar melalui blog - blog dan banyak nyimak vidio di youtube, itu cara mudah saya dalam mempelajari sketchup, mungkin cara belajar saya sama kalian berbeda tetapi setidaknya belajar secara literatur dan praktek saya kira lebih mudah.  
        
               Terkadang banyak yang salah kaprah dalam melakukan proses belajarnya mereka tidak memahami terlebih dahulu apa yang ada di dalam sketchup dan apa yang ada dalam Vray, dalam artian kita harus memahami fungi - fungi tollbar yang ada pada software tersebut, ketika kita sudah memahi fungsi dan kegunaannya saya yakin kalian akan lebih mudah dalam melakukan proses belajar.  Biasanya banyak pertanyaan yang muncul ketika kita mau belajar rendering vray atau masih awam tentang apa itu vray, apa ajh pertanyaannya silahkan di simak ya gyass....?

1. Bang Bagaimana sih cara agar rendering tidak seperti Animsi atau kartun?
2. Bang Bagaimana sih agar rendering terlihat real?
3. Bang Bagaimana sih agar waktu rendering tidak lama?
4. Bang Hasil Renderku Kok muncul Bintik - Bintik yaa?
5. Bang Hasil Renderku Kok Pecah yaa?

Itu beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan ke saya ketika mereka mulai atau sedang belajar sketchup. Menjawab beberapa pertanyaan di atas sebenernya cukup simpel apa aja solusinya ikuti dan simak terus artikel ini ya gays...

Ok langsung saja saya akan menjawab dan menjelaskan maksud dari pertanyaan di atas...

1. Probelm atau masalah hasil rendering terlihat seperti Animasi atau Kartun, hal ini biasa di hadapi ketika kita baru mengenal atau baru belajar vray rendering, ketika saya baru mengenalnya, sama hasil rendering saya juga seperti itu, terus bagaimana untuk menghadapi problem tersebut... intinya ya harus belajar terus dan terus berxsperimen. Ok untuk saran saya agar rendering tidak seperti animasi yang pertama modeling kita harus halus dan tidak kaku dalam artian modeling kita harus di buat sehalus mungkin. Selanjutnya kalian harus memahami pencahayaannya karena itu juga mempengerahui hasil akhir render kalian, selain itu ada view, setingan materialnya dan jenis material yang di gunakan seperti apa... itu yang harus di pahami untuk lebih jelas bagaimana setingannya nanti akan saya berikan di Artikel selanjutnya.

2. Cara bagaimana agar rendering hasil rendering terlihat real. Ada pun hal yang penting yang perlu di perhatikan pada item ini adalah memahami material yang di gunakan, apa maksudnya kita harus memahami material misalkan kita gunakan material kayu ya kita harus memahami karateristik kayu itu seperti apa tingkat texturnya, penyerapan cahaya dan pemantulan cahayanya seperti apa, selain memahami maslah tersebut saran saya gunakan material - Material yang real PNG atau Foto real texstur hal ini akan membantu hasil anda lebih nyata lagi, banyak blog - blog yang sudah menyidakan texstur untuk sketchup. Gunakan Bump untuk meningkatkan / menampakan textur pada material kalian.

3. Masalah rendering lama atau tidaknya ini tergantung pada spesifikasi laptop dan setingan material kalian, kalau menginginkan lebih bagus lagi hasilnya ya siap - siap rendering agak lama, tapi kalu ingin yang standart saja ok lah mungkin sehari bisa 4 view kalian dapatkan, tetapi di baringi dengan setingan pada vray kalian juga harus di perhatikan baik pada tollbar di vray option maupun pada setingan material. Untuk item ini insyaallah akan saya berikan tutorialnya sendiri jika ada waktu luang.

4. Bintik - Bintik Noise, pasti akan muncul ini solusinya ada pada setingan material kalian ya gays, kalian bisa cek youtube ketik kayword Bagaimana mengurangi noise pada setingan vray sketchup. atau cara mudahnya anda bisa edit di PS.

5. Hasil render Pecah. ini terletak pada resolusi pixcel anda yang terlalu kecil, anda harus merubah setingan anda pada vray option dan perbesar outputnya, sekunsinya render anda juga akan bertambah waktunya.

               Inti dari artikel di atas adalah apabila anda menginginkan hasil rendering yang maksimal yang harus anda perhatikan adalah memahami material yang di gunakan dan setingan - setingan pada vray option dan Vray Material.

Ok Gays itu dulu Artikel yang dapat saya share ke kalian semoga bermanfaat ya..... Owh ya saya tunggu kritik dan saran kalian untuk menjadikan motivasi saya dalam mengelola blog ini menjadi lebih baik lagi dalam postingan - postingan maupun pengalaman yang saya berikan. Thanks slamat belajar dan mencoba tunggu Artikel dan tutorial lainnya..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar